Tentang Ubi Ungu

1. Sumber vitamin A, C, E tinggi

 Kandungan vitamin A dan beta karoten dalam ubi ungu tergolong tinggi. Vitamin A bermanfaat dalam menjaga mata tetap sehat. Juga bagus untuk kesehatan kulit dan tulang. Dapat mencukupi sampai 66% kebutuhan vitamin C harian kita. Selain itu ubi memiliki serat yang melimpah. Dan jika kita megkonsumsi ubi bersama dengan kulitnya dapat memberi serat lebih banyak apabila dibanding dengan satu porsi oatmeal.

2. Mudah dicerna

Ubi ungu sangat mudah untuk dicerna. Tingginya kandungan zat pati membuat saluran cerna tak perlu bekerja keras dalam mencerna bahan yang satu ini.

3. Membuat pencernaan jadi lancar

Apakah kandungan dalam ubi ungu yang dapat melancarkan pencernaan? Jawabannya adalah adanya kandungan serat dan pectin. Keduanya berperan dalam menjaga pencernaan dan proses dalam saluran cerna tetap baik. Sehingga kita akan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit, bahkan sampai kanker.

4. Rendah kalori

Ubi ungu ataupun ubi kuning yang memunyai 112 kalori tanpa lemak dan kolesterol, juga kandungan natrium yang sedikit. Cara pengolahan ubi ungu yang direbus atau dikukus trsebut akan membuanya terasa manis akan tetapi kalorinya tetap rndah.

5. Anti kanker

Ubi ungu dengan aktivitas antioksidan 2,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan beragam jenis blueberry tentunya dapat mengendalikan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, kandungan zat selenium dan iodine dalam ubi ungu tersebut 20 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis ubi yang lain. Jadi dapat bermanfaat sebagai anti kanker.

6. Melancarkan peredaran darah

Yang berperan dalam melancarkan peredaran darah di tubuh adalah pigmen warna ungu yang terkandung di dalam ubi ungu tersebut. Pigmen warna ungu yang memberi warna pada daging ubi ungu dinamakan dengan antosianin. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, antosianin berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyerap polusi udara. Jadi pembekuan darah pun tidak akan terjadi dan peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lancar.

Komentar